Tips Ampuh Mengembangkan Bisnis UMKM: Dari Riset Pasar hingga Manfaatkan KUR

Franchise atau waralaba bisnis adalah salah satu strategi pertumbuhan umum untuk usaha kecil. (Mekariklikpajak.com)

Pemilik bisnis UMKM pastinya memiliki tujuan untuk mengembangkan bisnisnya hingga memiliki banyak cabang. Namun, untuk mencapai titik tersebut, diperlukan strategi yang tepat. Dalam artikel ini, akan dibahas taktik jitu yang dapat membantu bisnis UMKM untuk terus berkembang hingga memiliki banyak cabang.

5 Trik Jitu Kembangkan Bisnis UMKM:

  1. Riset Pasar

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pemilik bisnis UMKM adalah melakukan riset pasar. Riset ini penting dilakukan untuk memahami pelanggan yang sudah ada dan pelanggan potensial. Dengan mengetahui target pasar dan apa yang dibutuhkan, bisnis dapat tetap tumbuh dan beradaptasi ketika terdapat perubahan kebutuhan.

Tidak hanya itu, penting juga untuk meneliti pesaing yang memiliki bisnis serupa. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan masing-masing pesaing, bisnis UMKM dapat mengambil keputusan yang tepat demi kemajuan bisnis.

2. Kenali Pelanggan

Setelah melakukan riset, langkah selanjutnya adalah mengenal pelanggan yang sudah ada, maupun pelanggan potensial. Cobalah untuk mewawancarai mereka dan melakukan survei tentang kepuasan, minat pada produk baru, dan umpan balik bagi keseluruhan bisnis yang dijalankan.

Dari respons yang didapatkan, bisnis UMKM dapat mencari pola dan menjadikannya sebagai langkah untuk menentukan arah bisnis. Dengan mengenal pelanggan, bisnis UMKM dapat memenuhi kebutuhan mereka dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Beradaptasi

Untuk berkembang, bisnis UMKM harus tangkas dalam merespons perubahan pasar. Kemampuan untuk beradaptasi menjadi kunci dalam memperluas basis klien. Contoh langkah yang dilakukan oleh beberapa startup sukses adalah mengikuti tren dan melakukan inovasi produk.

4. Pertimbangkan Buka Franchise

Franchise atau waralaba bisnis adalah salah satu strategi pertumbuhan umum untuk usaha kecil. Dengan membuka waralaba, bisnis UMKM dapat meningkatkan jumlah lokasi bisnis yang dapat membantu mendatangkan lebih banyak pendapatan.

Ada banyak perusahaan terkenal yang menjual waralaba, seperti McDonald’s, Starbucks, dan Marriott. Namun sebelum membuka waralaba, penting untuk memastikan bahwa bisnis UMKM sudah cukup matang dan stabil.

5. Manfaatkan KUR

Memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan cara yang efektif untuk mengembangkan bisnis. Para pelaku usaha bisa mendapatkan suntikan dana lebih untuk mengembangkan usaha mereka. Salah satu bank yang menyediakan layanan KUR adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI).

BNI KUR memiliki berbagai fasilitas kredit, seperti BNI KUR Mikro yang memberikan fasilitas kredit sebesar Rp10 juta hingga Rp100 juta, dan BNI KUR Kecil mulai dari Rp100 juta hingga Rp500 juta. Adapun tenor angsuran beragam mulai dari 12 bulan. Jika hal tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal, maka bisnis UMKM Anda pasti dapat berkembang pesat.