Tingkatkan Produksi Migas: LEMIGAS Buka Layanan Onsite Biostratigraphy Laboratory Unit

Kehadiran layanan Onsite Biostratigraphy Laboratory Unit untuk mendukung produksi migas di Indonesia. (Petrominer.com)

Lembaga riset dan pengembangan energi dan sumber daya mineral, LEMIGAS telah meluncurkan layanan Onsite Biostratigraphy Laboratory Unit yang diharapkan dapat membantu efektivitas dan efisiensi dalam produksi migas di Indonesia. Layanan ini ditujukan untuk mendukung kegiatan operasi produksi migas baik di wilayah offshore maupun onshore.

Onsite Biostratigraphy Laboratory Unit merupakan sebuah Kabin Unit Laboratorium Stratigrafi yang bersifat mobile.

Kabin Unit ini dilengkapi dengan sarana kegiatan laboratorium stratigrafi termasuk peralatan preparasi seperti oven, Centrifuge, Fume Hood, dan analisis stratigrafi seperti mikroskop binokuler untuk analisis Foraminifera, Mikroskop Polarisasi untuk analisis Nannoplankton, serta mikroskop transmisi Fluorescene untuk analisis Palinology.

Produksi Migas Dijamin Tumbuh oleh LEMIGAS?

Menurut Kepala LEMIGAS, Mustafid Gunawan menjelaskan Kabin Unit Laboratorium Stratigrafi yang dimiliki LEMIGAS telah memenuhi standar internasional kualifikasi Offshore dengan adanya Sertifikat DNV 2.7-1 yang lolos Uji Visual inspection, NDT inspection, Load Test, Verifikasi material, dan Prototype Testing.

Unit lab ini juga dilengkapi dengan standar keamanan seperti Hydrant, eye wash, Emergency lamp, Emergency exit, masker & petunjuk lainnya.

“Kabin Unit Stratigrafi ini ditujukan untuk meningkatkan jasa layanan stratigrafi dalam memecahkan masalah eksplorasi di lapangan baik onshore maupun offshore secara real-time,” jelas Mustafid.

Dalam layanan jasa laboratorium dan studi di bidang teknologi, LEMIGAS menyediakan analisis biostratigrafi seperti foraminifera, nanoplangton, palinologi, dan radiolarian dalam interpretasi Umur/Zonasi, Lingkungan Pengendapan, dan Komponen sikuen Stratigrafi.

Layanan ini telah dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan termasuk BUMN seperti PERTAMINA dan anak perusahaannya seperti PHE Tuban East Java, PGN Saka Energi, serta perusahaan asing seperti PETROGAS di Area Kepala Burung, Papua Barat.

Dengan kehadiran layanan Onsite Biostratigraphy Laboratory Unit, diharapkan produksi migas di Indonesia dapat lebih efisien dan terkendali. Layanan ini memberikan arahan yang tepat dalam pengeboran dan interpretasi lapisan sedimen sehingga dapat membantu perusahaan migas mencapai target reservoir secara lebih efektif.

Demikian informasi seputar pertumbuhan produksi migas di Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Benoanews.Com.