Pembangunan Dermaga Pelabuhan Sanur Permudah Wisatawan Ke Nusa Penida

pelabuhan sanur

Pelabuhan Sanur saat ini dalam proses pembangunan untuk mempermudah wisatawan menyebrang ke Nusa Penida dan Nusa Ceningan, Klungkung, Bali.

Sebelumnya wisatawan yang naik turun kapal harus masuk air dengan kondisi basah karena pelabuhan Sanur belum memiliki dermaga.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungannya telah meninjau kesiapan pelabuhan. Dalam kesempatan tersebut Menteri Budi mengatakan bahwa pelabuhan Sanur ditarget selesai pada September 2022.

Selain pembangunan dermaga, beberapa fasilitas seperti terminal penumpang, dan lainnya juga dilakukan renovasi untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan para penumpang.

“Kalau ini selesai, para penumpang tidak perlu masuk ke air lagi karena sudah ada dermaganya. Ini suatu potensi wisata yang luar biasa. Kita harapkan ini bisa menjadi bagian dukungan perhelatan KTT G20 di Bali,” ungkap Menhub Budi Karya Sumadi.

Gubernur Bali Wayan Koster menambahkan bahwa pembangunan pelabuhan Sanur menjadi sesuatu yang fundamental dan monumental bagi Bali.

“Tidak saja kepentingan transportasi masyarakat untuk berwisata ke Nusa Penida, tapi pelabuhan ini akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Denpasar.

Pembangunan pelabuhan Sanur telah dilakukan oleh Kemenhub sejak Desember 2020, yang meliputi pekerjaan jasa konsultasi dan pekerjaan konstruksi (fisik). Pembangunan dilakukan dalam periode tahun anggaran jamak (multiyears) 2020-2022 yang berasal dari APBN Kemenhub dengan nilai anggaran Rp398 miliar.