Panduan Instrumen Investasi 2024: Strategi Berinvestasi di Tengah Tahun Ketidakpastian

Investasi di surat utang pemerintah atau obligasi menjadi pilihan terbaik dengan risiko paling kecil. (EcoWatch.com)

Kira-kira instrumen investasi apa yang paling cocok untuk tahun 2024 jelang Pemilu 2024?Tahun 2024 dipenuhi dengan berbagai peristiwa, menjadikannya tahun yang dianggap tidak pasti. Konflik di Eropa Timur dan Timur Tengah, bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu 2024, telah menciptakan ketidakstabilan dalam kondisi perekonomian. Namun, jangan biarkan hal-hal tersebut meredam semangat Anda untuk berinvestasi! Perencana keuangan terkemuka, Aidil Akbar memberikan beberapa pilihan instrumen investasi yang dapat Anda pertimbangkan, meskipun kondisi ekonomi tidak menentu.

1. Investasi Emas: Menghadapi Ketidakpastian dengan Keamanan

Emas tetap menjadi magnet bagi banyak investor. Menurut Aidil, emas adalah instrumen investasi yang cocok untuk pemula. Kelebihannya meliputi sifat tidak likuid dan stabilitas harganya. Aidil meyakini bahwa harga emas tidak akan mengalami penurunan signifikan pada tahun 2024, meskipun dipengaruhi oleh konflik global.

Aidil juga mengungkapkan bahwa Pemilu 2024 dapat membuat investor asing bersikap hati-hati dalam berinvestasi di Indonesia. Oleh karena itu, investasi saham dapat memiliki risiko tertentu.

“Di Indonesia, tahun politik penuh ketidakpastian. Orang asing mungkin enggan masuk ke Indonesia. Saham bisa turun karena investor asing cenderung menahan diri,” jelas Aidil kepada detikcom.

2. Obligasi: Keamanan Investasi di Tengah Kondisi Politik yang Belum Stabil

Melihat kondisi politik dan perekonomian yang masih belum stabil pada tahun 2024, Aidil merekomendasikan investasi di surat utang pemerintah atau obligasi. “Pemerintah mungkin akan membantu BUMN yang mengalami masalah. Mungkin pemerintah akan menerbitkan obligasi. Dengan suku bunga tinggi, potensi return bisa signifikan,” saran Aidil.

Selain dua instrumen investasi utama tersebut, Aidil juga menyarankan pemula untuk mencoba reksa dana yang sesuai dengan profil risiko mereka. Dia juga mengajak masyarakat untuk mempertimbangkan investasi di kripto, terutama bagi yang berani menghadapi risiko tinggi. Baginya, tahun 2024 merupakan tahun kejayaan kripto.

Dalam menghadapi ketidakpastian tahun 2024, memilih instrumen investasi yang tepat menjadi kunci untuk meraih keuntungan dan menjaga portofolio keuangan Anda. Pilihlah dengan bijak sesuai dengan tujuan dan toleransi risiko Anda.

Demikian informasi seputar instrumen investasi yang kemungkinan berpotensi besar untuk menjadi wadah investasi. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Benoanews.com.