OLX Indonesia Siap Bertransformasi, Karyawan Terancam PHK dan Bisnis Otomotif Dijual

PHK yang dialami oleh OLX Indonesia menjadi salah satu dari sejumlah perusahaan yang melakukan hal serupa untuk menyesuaikan kondisi perekonomian. (Sindonews.com)

Kabar terbaru datang dari OLX Indonesia yang merupakan situs jual beli besar di Indonesia, kabarnya akan melakukan PHK untuk ratusan karyawan. Hal ini dikarenakan rencana perusahaan untuk menjual bisnis otomotif yang ada di Indonesia karena penjualan yang sepi. Setidaknya 300 orang dari 1.000 karyawan yang ada di Indonesia akan terdampak PHK ini.

PHK yang dialami oleh OLX Indonesia menjadi salah satu dari sejumlah perusahaan yang melakukan hal serupa untuk menyesuaikan kondisi perekonomian. Uber Freight, anak dari Uber dalam bidang logistik, misalnya, sudah mengumumkan akan melakukan PHK untuk sekitar 150 orang atau 3% dari total pekerjanya. Alphabet, Microsoft, dan Vox Media juga tidak mau ketinggalan untuk melakukan PHK karyawan.

Namun, OLX tidak hanya akan melakukan PHK, tapi juga mengubah arah bisnis secara perlahan dari saat ini model bisnis ke konsumen (B2C) menjadi konsumen ke bisnis (C2B) dan bisnis ke bisnis (B2B). Hal ini menunjukkan bahwa OLX Indonesia siap untuk beradaptasi dengan kondisi perekonomian yang tengah gelap.

Perusahaan besar seperti Amazon, Goldman Sachs, dan Salesforce juga sudah memutuskan untuk mem-PHK karyawan demi menyesuaikan kondisi perekonomian. Prospek bisnis tahun ini masih gelap, sehingga tak heran banyak perusahaan memutuskan untuk melakukan PHK dan mengubah arah bisnis.

Dengan demikian, PHK akan terus menjadi ancaman bagi karyawan di Indonesia dan seluruh dunia. Perusahaan harus benar-benar mempertimbangkan langkah-langkah yang diambil demi menjaga stabilitas perekonomian dan kesejahteraan karyawan. Apakah Anda termasuk karyawan OLX Indonesia yang terkena dampak PHK karyawan?