Lagi! Presiden Jokowi Tunjuk Luhut Pandjaitan Jadi Koordinator Investasi Apple di IKN Nusantara

Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk sebagai Koordinator Investasi Apple di IKN Nusantara oleh Presiden Jokowi. (Tribunnews.com)

Presiden Jokowi (Joko Widodo) memberikan tanggung jawab baru kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dengan menunjuknya sebagai Koordinator Investasi Apple di Ibu Kota Negara alias IKN Nusantara. Keputusan ini diumumkan oleh Menteri Koordinator Investasi Apple Perindustrian RI, Agus Gumiwang, yang menjelaskan bahwa penunjukan Luhut terkait dengan permintaan Jokowi kepada CEO Apple, Tim Cook, untuk berinvestasi dalam pengembangan Smart City di IKN.

“Teknisnya (kesepakatan investasi Apple di IKN) di Kementerian. Nanti Bapak Presiden menugaskan Pak Luhut sebagai Koordinator,” kata Agus di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Investasi Apple dalam pembangunan Smart City di IKN diyakini akan menjadi langkah yang menarik bagi perusahaan teknologi tersebut mengingat Indonesia merupakan salah satu pasar penting bagi Apple. Saat ini, Apple telah memberikan investasi unik dalam pembangunan Apple Developer Academy di empat kota Indonesia, dengan total investasi mencapai Rp1,8 triliun.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga meminta Apple untuk membangun pabrik manufaktur atau menggunakan komponen lokal (TKDN) dalam produksi perangkatnya. Agus menjelaskan bahwa Indonesia telah mampu memproduksi 50 juta unit handphone pada tahun 2023, sehingga diharapkan Apple akan mempertimbangkan konsep business matching dengan menggunakan produk atau komponen lokal sesuai dengan spesifikasi Apple.

“Berdasarkan kesepakatan antara Indonesia dengan Apple, pemerintah Indonesia menargetkan nilai TKDN sebesar 35 persen. Jadi, basisnya adalah investasi,” ujar Agus.

Meskipun demikian, sampai saat ini produsen iPhone masih belum membuka pabriknya di Indonesia. Sedangkan merek HP lain sudah memiliki pabrik perakitan di dalam negeri. Hanya iPhone yang masih diimpor utuh meskipun Apple tetap memenuhi regulasi TKDN dengan skema investasi lewat pembangunan Apple Developer Academy.

Penunjukan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Koordinator Investasi Apple di IKN Nusantara menandai langkah penting dalam meningkatkan investasi asing dan memperkuat kerja sama antara Indonesia dan perusahaan-perusahaan teknologi global seperti Apple.

Demikian informasi seputar investasi Apple di IKN Nusantara. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Benoanews.Com.