Investasi di Bidang SDM: Kunci Kemajuan Bangsa Menurut Prespektif Ketua Umum Partai Demokrat

Investasi di bidang SDM akan menghasilkan masyarakat yang berkualitas, tangguh, dan kreatif dalam menghadapi tantangan ekonomi. (Grid.id)

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan pentingnya alokasi dana untuk investasi di bidang SDM (sumber daya manusia) sebagai fondasi utama kemajuan bangsa Indonesia. Dalam sebuah pidato politik di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada hari Selasa (06/02/24), Agus menyatakan, “Pembangunan SDM itulah yang paling menentukan kualitas pertumbuhan ekonomi sebuah negara.”

Menurut Agus, investasi di bidang SDM akan menghasilkan masyarakat yang berkualitas, tangguh, dan kreatif dalam menghadapi tantangan ekonomi, terutama di era digitalisasi saat ini. Investasi tersebut harus difokuskan pada peningkatan kualitas pendidikan dari tingkat dasar hingga memberikan kesempatan beasiswa ke luar negeri.

Partai Demokrat telah mempraktikkan komitmen tersebut saat Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menjabat sebagai Presiden RI ke-6. “Partai Demokrat memiliki kesadaran ini sejak 20 tahun yang lalu, sehingga kami mendorong alokasi anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBN,” tambah Agus.

Agus juga menekankan pentingnya bagi elit politik untuk tidak terjebak dalam pembangunan fisik semata yang hanya bertujuan untuk mendapatkan dukungan masyarakat dalam jangka pendek. “Para politisi sering tergoda untuk fokus pada pembangunan fisik agar terlihat produktif dalam jangka pendek dan mendapatkan dukungan untuk masa-masa politik selanjutnya,” tegasnya soal investasi di bidang SDM.

Dia yakin bahwa pengembangan SDM akan menjadi salah satu prioritas utama jika pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terpilih pada Pilpres 2024. Oleh karena itu, Agus mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan pada pasangan calon nomor urut 2 tersebut pada tanggal 14 Februari mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, di antaranya pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3. Manakah paslon yang akan memperhatikan investasi di bidang SDM?

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dengan pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Demikian informasi seputar kebijakan investasi di bidang SDM Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Benoanews.Com.