Bank DKI dan PT KCI Bersatu: Transaksi JakCard di KRL Meningkat 104,86%

Bank DKI mencatat pertumbuhan yang signifikan dalam penggunaan JakCard. (mnctrijaya.com)

Bank DKI dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah menjalin kerja sama untuk memberikan kemudahan dalam pembelian tiket perjalanan Kereta Commuter Line (KRL) dengan menggunakan JakCard. Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy mengaku optimistis bahwa kerja sama ini akan meningkatkan penggunaan transaksi dengan JakCard.

Bank DKI mencatat pertumbuhan yang signifikan dalam penggunaan JakCard. Pada Juni 2022, terdapat sekitar 2,5 juta transaksi, dan angka tersebut meningkat menjadi 5,1 juta transaksi pada Juni 2023, menandakan pertumbuhan sebesar 104,86% secara Year on Year (YoY).

Fidri Arnaldy menyatakan bahwa Bank DKI optimistis akan terus meningkatnya penggunaan uang elektronik, karena masyarakat semakin memilih transaksi yang mudah, aman, dan nyaman. Hal ini menjadi langkah maju dalam mewujudkan ekosistem transaksi non-tunai di DKI Jakarta, sejalan dengan dukungan Bank DKI dalam integrasi pembayaran transportasi umum di wilayah tersebut.

Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, menyatakan bahwa implementasi JakCard dalam tiket KRL menjadi momentum penting untuk memperluas akseptasi JakCard bagi pengguna KRL dengan mobilitas tinggi. Hal ini akan semakin melengkapi layanan perbankan dan transaksi non-tunai di DKI Jakarta.

Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Commuter Indonesia, Broer Rizal, mengapresiasi dan mendukung kolaborasi dengan Bank DKI ini. Kolaborasi tersebut juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih menggunakan transportasi umum, khususnya Commuter Line Jabodetabek. Dengan implementasi JakCard Bank DKI, diharapkan akan memberikan kemudahan dan pilihan bagi masyarakat dalam bertransaksi pembayaran tiket.

Masyarakat yang tertarik menggunakan JakCard dapat membelinya di Kantor Cabang Bank DKI, berbagai museum, dan tempat wisata kelolaan Pemprov DKI Jakarta. Ke depannya, JakCard juga akan tersedia di Tokopedia dan toko ritel seperti Indomaret. Pengguna JakCard dapat melakukan pengisian ulang (top up) menggunakan ponsel berfitur NFC melalui aplikasi JakOne Mobile atau melalui Tokopedia.

Bank DKI telah berkomitmen untuk memperluas akseptasi JakCard sejak didirikan pada tahun 2007. Saat ini, JakCard dapat digunakan untuk berbagai tiket masuk di berbagai tempat wisata dan museum, seperti Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional, Taman Impian Jaya Ancol, dan museum-museum kelolaan Pemprov DKI Jakarta.

Tak hanya itu, Bank DKI juga telah menjalin berbagai kolaborasi dengan pihak lain, seperti Indomaret dalam penyediaan layanan tarik tunai tanpa kartu, Perbarindo dalam digitalisasi BPR, dan kemitraan dengan BC Card Asia dalam penyediaan Sistem Layanan Pembayaran.

Berbagai upaya dan kerja sama tersebut telah mendapatkan apresiasi dari lembaga independen dengan meraih 53 kategori penghargaan dalam berbagai bidang pada tahun 2023, termasuk sumber daya manusia (SDM), tata kelola dan risiko teknologi, hingga produk dan layanan digital. Hal ini membuktikan kesuksesan Bank DKI dalam terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan nasabahnya.