Temuan LIPI: KEK Mandek Akibat Pajak Kurang Menarik

KEK Mandalika mandeg? Pusat Penelitian Ekonomi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI menemukan salah satu masalah. Masalah tersebut seperti kurang menariknya tawaran tax holiday. Lalu apa maksudnya dengan tax holiday? Soal tariff pajak menjadi masalah di KEK Mandalika dengan membuat banyak aaturan yang membuat hal ini kurang menarik untuk para investor.

Besaran tax holiday pembebasan pembayaran pajak dalam periode waktu tertentu di lokasi KEK justru tidak lebih menarik dari pada pajak dengan umum. Ini akan menjadi satu masalah yang sangat besar. Dengan adanya kurang menarik pajak ini akan menjadi buah masalah yang sangat besar. KEK akan mandeg karena kurang begitu menarik tawaranya.

Menurut peneliti LIPI, Maxensius Tri Sambodo, belum ada kesesuaian antara tax holiday dengan tax pada umumnya. Peraturan menteri keuangan tahun 2018 nomor 35 yang diatur dalam KEK peraturan menteri keuangan nomor 104 tahun 2016.

Badan kebijakan fiscal juga mengakui bahwa antara keduanya memang belum sinkron, kata Max dalam acara briefing di gedung LIPI, selasa, 28 agustus 2018. Saat ini max menyebutkan badan di bawah kementrian keuangan itu tengah berupaya agar keduanya bisa berjalan sejalan. Dengan adanya ini maka KEK masih dalam tahap perombakan.

Di dalam aturan tax holiday secara umum, misalnya, minmal investasi Rp. 500 miliar otomatis bisa mendapat potongan pajak penghasilan hingga sseratus persen dalam jangka waktu 5 tahun. Tapi dalam aturan tax holiday di kawasan KEK, potongan pajak penghasilan diperoleh rentang dari 20 persen sampai 100 persen.

Temuan ini merupakan hasil penelitian daripada LIPI di dua lokasi KEK Pariwisata, KEK mandalika, ntb (nusa tenggara barat) dan KEK tanjung kalayang, kepulauan Bangka Belitung. Kedua kek tersebut masing masing telah diluncurkan 2014 dan 2016. Namun ini belum juga menarik para investor untuk melakukan investasi.

Ada banyak permasalahan yang terjadi di dalam KEK selain hal tersebut juga seperti pembebasan tanah di lahan wisata. Ada orang yang melakukan penguasaan lahan tinggi oleh sekelompok orang. Tentunya ini membuat kek akan mengalami penurunan investasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*