Tingkat Keberhasilan Digitalisasi oleh BNI: Pertumbuhan CASA dan Penurunan CoF Melalui BNI Mobile Banking serta BNIDirect

Dikabarkan bahwa BNI telah mengembangkan solusi digital untuk memastikan kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi dan menempatkan dana. (bni.co.id)

Upaya besar digitalisasi oleh BNI. Dengan transformasi digital yang berhasil, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) telah mencatat pencapaian luar biasa. Upaya mereka dalam mendorong pertumbuhan Current Account Savings Account (CASA) telah berhasil menurunkan biaya dana melalui platform BNI Mobile Banking dan BNIDirect. Menurut Direktur Digital & Integrated Transaction Banking BNI, Corina Leyla Karnalies menjelaskan bahwa pada kuartal III-2023, transaksi BNI Mobile Banking meningkat 54% dibanding tahun sebelumnya, mencapai Rp874 triliun. Pertumbuhan yang serupa juga terlihat pada transaksi Cash Management yang naik 38% YoY, mencapai Rp5.017 triliun berkat BNIDirect.

“Keberhasilan kanal digital BNI telah mengerek rasio CASA perusahaan hingga mencapai 68,6%. Prestasi ini membantu BNI mempertahankan CoF pada angka sekitar 2%, yang lebih rendah secara struktural daripada sebelum pandemi yang mencapai lebih dari 3%,” ungkap Corina dalam pernyataan tertulis soal digitalisasi oleh BNI pada Rabu (8/11/2023).

Corina juga menjelaskan bahwa BNI telah mengembangkan solusi digital untuk memastikan kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi dan menempatkan dana, terutama di dalam produk CASA. “Hal ini berdampak positif pada peningkatan likuiditas, serta meningkatkan kemampuan perusahaan dalam memberikan pembiayaan yang mendukung kinerja jangka panjang,” tambahnya.

BNI Mobile Banking kini menjadi One Stop Financial Solutions bagi nasabah ritel, mampu menjawab berbagai kebutuhan layanan keuangan nasabah. Aplikasi digitalisasi oleh BNI ini tidak hanya memfasilitasi transaksi pembayaran dan investasi, tetapi juga memberikan layanan beyond banking terutama dalam gaya hidup. “Kesuksesan BNI Mobile Banking membuktikan bahwa perusahaan berada di jalur yang benar dalam mengarahkan layanan transaksi nasabah ke ranah digital,” ujar Corina.

Selain itu, platform BNIDirect juga menjadi solusi komprehensif bagi nasabah bisnis. Tidak hanya menyediakan fitur-fitur unggulan, perusahaan juga fokus pada program menarik bagi nasabah BNI, termasuk program akselerasi transaksi BNIDirect dan program lain yang mendukung pertumbuhan transaksi serta meningkatkan loyalitas nasabah.

“Kondisi CASA menjadi perhatian utama bagi kami. Oleh karena itu, kami akan terus memperkuat kanal digital terutama BNI Mobile Banking dan BNIDirect, untuk pertumbuhan transaksi berbasis CASA di masa depan,” pungkasnya.

Demikian informasi seputar digitalisasi oleh BNI. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Benoanews.com.