Rebound Harga Minyak: Tantangan dan Optimisme di Pekan yang Dinamis

Melandainya data inflasi dan perlambatan tenaga kerja di AS, serta perbaikan sentimen pasar di Asia, seharusnya menjadi faktor penopang harga minyak. (TrenAsia.com)

Harga minyak mentah mengalami fluktuasi selama pekan ini, dipicu oleh kekhawatiran investor terhadap permintaan global yang merosot akibat data ekonomi yang lemah dari Amerika Serikat (AS) dan Asia. Meskipun mengalami penurunan sepanjang pekan, harga minyak rebound pada perdagangan Jumat, memberikan optimisme seiring berbagai faktor yang memengaruhi pasar.

Selama pekan ini, harga minyak jenis Brent mengalami penurunan sebesar 1,01% secara point-to-point (ptp), sementara minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) turun sebanyak 1,66%. Namun, pada akhir pekan, terjadi kenaikan harga yang signifikan, dengan Brent melonjak 4,12% menjadi US$ 80,61 per barel, dan WTI meningkat 4,1% menjadi US$ 75,89 per barel. Rebound ini dipicu oleh pengambilan keuntungan dari investor yang sebelumnya melakukan posisi short, dan dukungan dari sanksi AS terhadap perusahaan pengirim minyak Rusia.

Meskipun ada peningkatan harga, pekan ini cenderung lesu karena dipengaruhi oleh peningkatan persediaan minyak mentah AS dan produksi yang tinggi. OPEC dan Badan Energi Internasional (IEA) memproyeksikan keterbatasan pasokan pada kuartal keempat, namun data AS menunjukkan persediaan berlimpah. Sanksi AS terhadap perusahaan pengirim minyak Rusia juga memberikan dampak positif pada harga minyak.

Dalam konteks ini, ketidakpastian terkait konflik Israel-Hamas di Gaza dan rencana sanksi minyak AS terhadap Iran turut mempengaruhi dinamika pasar minyak. Di sisi lain, melandainya data inflasi dan perlambatan tenaga kerja di AS, serta perbaikan sentimen pasar di Asia, seharusnya menjadi faktor penopang harga minyak. Meskipun inflasi AS melandai, harapan The Fed untuk menjaga suku bunga di level 5,25-5,50% hingga akhir tahun tetap tidak berubah, seperti yang diperlihatkan oleh CME FedWatch tool.

Dengan berbagai faktor yang mempengaruhi pasar minyak, para pelaku pasar dihadapkan pada dinamika yang kompleks dan beragam. Rebound harga akhir pekan memberikan sedikit optimisme, tetapi tantangan terkait persediaan dan geopolitik tetap menjadi perhatian utama dalam menjaga stabilitas pasar minyak mentah global.

Demikian informasi seputar harga minyak terbaru. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Benoanews.com.