Pengusaha Batubara Kalimantan yang Sukses karena Ketekunannya

Dalam berbisnis, berbagai lika-liku kehidupan selalu menghalangi kesuksesan setiap orang. Jika berhasil menghadapinya, kesuksesan adalah jaminan bagi orang tersebut.

Ada banyak pengusaha yang berhasil menghadapi permasalahan bisnis, beberapa di antaranya bergerak di bidang energi. Kami akan menyajikan beberapa pengusaha batubara Kalimantan yang sukses dan dapat dijadikan sumber inspirasi.

Daftar Pengusaha Batubara Kalimantan Sukses

Pengusaha batubara Kalimantan pertama adalah Haji Ijai. Dia adalah konglomerat dari Kota Binuang, Kalimantan Selatan. Meski namanya jarang tersiar di berbagai pemberitaan, diam-diam ia sukses memimpin perusahaan pertambangan dengan nama PT Batu Gunung Mulia.

Saat masih beroperasi, perusahaan ini sanggup memproduksi 2 ton batu bara dalam setahun. Namun pada 2014 izin pertambangannya habis. Jiwa kewirausahaannya tak berhenti begitu saja. Ia bersama adiknya kemudian mendirikan PT Binuang Mitra Bersama.

Pengusaha kedua adalah Haji Ciut. Beberapa waktu lalu namanya banyak diberitakan oleh media karena menggelar pernikahan anaknya yang sangat mewah, yakni mengadakan pesta selama 10 hari. Tidak hanya itu, ia juga mengundang bintang tamu terkenal Indonesia, seperti Ayu Ting-Ting, Rhoma Irama, Afgan, Zaskia Gothic, Team Lo, Wali, dan lain sebagainya.

Setelah ditelusuri, Haji Ciut ternyata adalah adik dari Haji Ijai yang sama-sama dari Kalimantan. Atas kekayaannya ia juga dijuluki sebagai Crazy rich Banjarmasin. Pemilik nama lengkap dari Haji Muhammad Hatta ini memimpin sebuah perusahaan yang bernama PT Gunung Mulia Binuang. Ia sering viral lantaran sikap dermanya dengan membagikan uangnya kepada masyarakat sekitar.

Pengusaha batubara terkaya ketiga adalah Haji Isam atau Andi Syamsuddin Arsyad. Pada mulanya ia hanya mantan sopir truk pengangkut kayu. Berkat kegigihannya ia berhasil mendirikan Jhonin Group dengan omset perbulannya mencapai Rp40 miliar.

Haji Isam kini banyak mengoleksi mobil mewah di rumahnya. Ia juga sempat dikabarkan dekat dengan selebritis, Syahrini misalnya. Sebelum menikah dengan Reino Barack, artis cantik ini sempat dikabarkan dekat dengan Haji Isam. Indonesia sebenarnya memiliki banyak pengusaha yang sukses.

Selain pengusaha batubara Kalimantan di atas, ada pula pengusaha lain yang tak kalah sukses. Misalnya Tjandra Limanjaya yang berhasil membangun bisnisnya di beberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya sukses sebagai investor, ia juga sukses berbisnis di bidang energi, pariwisata, dan sebagainya.