Investasi PLN ICON Plus Perluas Cakupan Internet Fiber di IKN Nusantara

PLN ICON Plus mengalokasikan dana sebesar Rp3 triliun untuk memperluas cakupan internet fiber. (Medcom.id)

Investasi PLN ICON Plus mengalokasikan dana sebesar Rp3 triliun untuk memperluas cakupan internet fiber dan mengembangkan bisnisnya. Direktur Utama PLN ICON Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi mengungkap bahwa dana investasi tersebut berasal dari total aset perusahaan yang hampir mencapai Rp10 triliun pada tahun 2023.

“Itu pertumbuhan yang cukup besar, mungkin ada pertumbuhan lebih dari Rp3 triliun. Itu investasi yang ICON alokasikan. Untuk tahun ini pun juga investasi di angka sekitar Rp3 triliun, jadi memang cukup besar untuk perluasan cakupan dan pengembangan bisnis,” ujar Ari di Swiss-Belresort Belitung, Tanjung Binga, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (22/7).

Ari mengungkap bahwa investasi PLN ICON Plus menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 43 persen pada tahun 2028. Untuk mencapai target tersebut, perusahaan ini membutuhkan investasi serta kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Jadi kami membangun kolaborasi, model-model strategic partner, dan investment company di bawah ICON, supaya pergerakannya lebih lincah dan fleksibel dalam mencari opsi pendanaan serta kerja sama untuk mengembangkan bisnisnya,” tambah Ari.

Perusahaan investasi ICON telah disiapkan untuk mendukung kerja sama, kemitraan, dan pendanaan dengan pihak-pihak lain. Ari juga menyatakan bahwa investasi PLN ICON Plus tidak bersaing dengan PT Telkom Indonesia (Persero) di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

“Kami sering berkolaborasi dan berkomunikasi. Pemahaman bersama adalah bahwa peluang masih terbuka luas. Fokus utama adalah pada kualitas, bukan perang harga,” jelas Ari lebih lanjut.

Dengan alokasi dana investasi yang signifikan ini, PT PLN ICON Plus menunjukkan komitmen kuat untuk memperluas jangkauan internet fiber di Indonesia dan mengembangkan bisnis secara berkelanjutan. Investasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan dan memperluas akses internet bagi masyarakat Indonesia, mendukung transformasi digital di berbagai sektor.

Demikian informasi seputar investasi PLN ICON Plus di IKN Nusantara. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Benoanews.Com.