Investasi di Sulsel Semester Pertama 2024 Capai Rp5,991 Triliun

Dikabarkan bahwa Kota Makassar mencatatkan realisasi investasi di Sulsel terbesar pada semester pertama 2024. (Headline.com)

Realisasi investasi di Sulsel (Sulawesi Selatan) menunjukkan perkembangan yang signifikan pada semester pertama 2024, dengan total mencapai Rp5,991 triliun. Capaian ini merupakan akumulasi dari investasi yang masuk sejak Januari hingga Juni, dengan penanaman modal asing (PMA) menyumbang Rp2,279 triliun dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp3,711 triliun.

Plh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulsel, Muhammad Arafah, mengungkapkan bahwa angka tersebut mencapai sekitar 41 persen dari target Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2024 yang ditetapkan sebesar Rp14,55 triliun.

Jika dibandingkan dengan target Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), yakni Rp17,15 triliun, pencapaian ini setara dengan 34 persen.

Sektor Unggulan dalam Investasi di Sulsel

Berdasarkan data yang dihimpun, sektor usaha pertambangan menjadi sektor yang paling dominan pada triwulan pertama, dengan total investasi mencapai Rp1,160 triliun. Sektor ini diikuti oleh sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi dengan nilai investasi sebesar Rp838 miliar.

Sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran juga menunjukkan daya tarik yang kuat dengan nilai investasi sebesar Rp782 miliar, diikuti oleh sektor industri logam dasar, barang logam, bukan mesin, dan peralatannya yang berhasil menarik investasi sebesar Rp747 miliar. Melengkapi daftar lima besar, sektor perdagangan dan reparasi mencatatkan nilai investasi sebesar Rp557 miliar.

Dari sisi wilayah, Kota Makassar mencatatkan realisasi investasi di Sulsel terbesar pada semester pertama 2024, dengan total nilai mencapai Rp1,692 triliun. Posisi kedua ditempati oleh Kabupaten Luwu Timur dengan nilai investasi sebesar Rp956 miliar, disusul oleh Kabupaten Bantaeng dengan total investasi sebesar Rp809 miliar.

Pertumbuhan investasi yang pesat di Sulsel ini mencerminkan potensi besar yang dimiliki oleh provinsi ini, baik dari sisi sumber daya alam maupun infrastruktur yang mendukung. Dengan pencapaian ini, Sulsel diharapkan dapat terus menarik lebih banyak investasi di berbagai sektor, serta mencapai target yang telah ditetapkan untuk tahun 2024.

Demikian informasi seputar perkembangan investasi di Sulsel. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Benoanews.Com.