Forum Bisnis Rusia – Indonesia di Moskow

Forum bisnis antara Rusia – Indonesia dalam rangka pembukaan Festival Indonesia di Moskow pada tanggal 3 – 5 Agustus 2018 yang lalu membahas beberapa kerjasama kedua Negara mulai dari Infrastruktur, Pariwisata, Energi, Industri, Perhubungan dan Minyak.

Dalam ajang forum bisni Rusia – Indonesia 2018, Indonesia diwakili oleh beberapa gubernur, bupati dan sejumlah pejabat daerah Indonesia. Turut hadir dalam forum bisnis tersebut dan juga membuka acara yaitu Menteri Perencanaa Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro.

Forum bisnis Indonesia – Rusia 2018 dihadiri oleh lebih dari 500 pengusaha dari Rusia maupun Indonesia yang mendengarkan pemaparan beberapa sektor potensial yang bisa digarap oleh kedua Negara tersebut. Namun yang menjadi fokus pembahasan dalam forum tersebut lebih banyak menitik beratkan pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata.

Namun beberapa kesempatan juga terdapat pembahasan sektor lain seperti energi, industri, perhubungan dan potensi pengembangan industri minyak kelapa sawit.

Festival Indonesia yang diadakan di Moscow ini mengambil tema Visit Wonderful Indonesia dengan selogan Explore our Regions sebagai salah satu selogan promosi pariwisata Indonesia. Diketahui Indonesia dan Rusia sudah lama menjalin kerjasama di berbagai sektor penting dan potensial, bahkan kerjasama tersebut sudah terjalin sejak era kepemimpinan Presiden pertama Indonesia Ir Soekarno.

Festival Indonesia 2018 di Moscom diadakan oleh KBRI Moscow dan didukung oleh Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan beberapa sponsor acara. Dalam festival tersebut juga dipamerkan beberapa produk unggulan Indonesia untuk semakin memeprkenalkan produk dan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat Rusia.

Untuk semakin memeriahkan Festival Indonesia di Moscow 2018 juga ditampilkan pagelaran seni dan kebudayaan daerah serta lagu, tarian, dan berbagai permainan khas daerah. Dengan semakin memperkenalkan budaya dan kekayaan Indonesia maka diharapkan kunjungan wisatawan asing dari Rusia ke Indonesia juga akan meningkat.

Festival yang sudah diadakan ketiga kalinya ini diharapkan akan terus berlanjut. Penyelenggaraan festival yang di dalamnya terdapat forum bisnis internasional dan kajian kerjasama diharapkan mampu semakin meningkatkan kerjasama kedua Negara baik Indonesia maupun Rusia.