Inilah 3 Pengusaha Sukses Wanita Asal Indonesia yang Patut Dijadikan Inspirasi

Ilustrasi pengusaha wanita sukses (Foto: Pixabay)

Banyak wanita yang sudah membuktikan bahwa mereka mampu bersaing dan bahkan unggul dalam dunia bisnis. Salah satu contohnya adalah Martha Tilaar, ia dikenal sebagai pengusaha sukses wanita yang membawa produk kecantikan Indonesia ke panggung internasional.

Selain Martha Tilaar, masih ada beberapa wanita lainnya yang berhasil mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis.

Artikel ini akan membahas beberapa pengusaha sukses wanita yang dapat memberikan inspirasi bagi pelaku usaha. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut informasi selengkapnya.

Pengusaha Sukses Wanita

  • Martha Tilaar

    Martha Tilaar merupakan pengusaha wanita asli Indonesia yang begerak di bidang kosmetika dan jamu dengan nama dagang Sariayu. Wanita kelahiran Kebumen, 4 September 1937 ini membangun bisnisnya dari sebuah salon di garasi.

    Bisnis yang digeluti Martha Tilaar mendapat sambutan positif, hingga bisa menarik pelanggan dari kalangan warga asing yang bekerja di kedutaan. Dalam waktu singkat, Martha Tilaar bisa pindah ke tempat yang lebih besar.

    Tujuh tahun kemudian, bisnis Martha Tilaar merambah ke produk kecantikan dan jamu modern dengan merek Sariayu-Martha Tilaar di bawah PT Martina Berto.

    Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya unit usaha, Martha Tilaar mengakuisisi PT Martina Berto dan membentuk Martha Tilaar Group pada 1999.

    Saat ini, Martha Tilaar Group memiliki banyak perusahaan di berbagai bidang, mulai dari PT Martina Berto Tbk yang bergerak di pemasaran dan produksi, PT Cedefindo sebagai perusahaan produksi dan maklon, PT SAI Indonesia (perusahaan distributor dan logistic, PT Martha Beauty Galler (sekolah dan pendidikan kecantikan Puspita Martha International School), PT Cantika Puspa Pesona (perusahaan jasa spa dan salon), dan PT KReasi Boga Primatama (perusahaan penyedia tenaga kerja).

    • Nurhayati Subarkat

    Nurhayati Subarkat merupakan pemilik brand kosmetik Wardah. Wanita yang lahir di Padang Panjang, 27 Juli 1950 ini tak hanya dikenal sebagai pengusaha wanita sukses, namanya juga dikenal sebagai ssosok yang berkontribusi penuh dalam pengembangan industri kecantikan di Indonesia.

    Dengan background pendidikan Farmasi, Nurhayati berhasil menciptakan sebuah merek kosmetik yang sangat populer, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Brand kosmetik yang diciptakan Nurhayati bernama Wardah.

    Kini, Nurhayati menjadi Komisaris Utama PT Paragon Technology and Innovation, salah satu perusahaan kosmetik terkemuka di Indonesia.

    • Anne Avantie

    Anne Avantie merupakan pengusaha sukses wanita yang berkecimpung di dunia mode. Pada 1989, Anne memulai kariernya sebagai perancang busana dengan membuka rumah mode bernama Griya Busana Permatasari di sebuah rumah kontrakan.

    Meskipun tidak memiliki latar belakang pendidikan formal di bidang mode, Anne nyatanya berhasil mengembangkan bisnisnya menjadi sangat besar.

    Hanya bermodalkan dua mesin jahit, Anne berhasil membuka butik pertamanya di pusat perbelanjaan Jakarta pada tahun 2010, menandai langkah besar dalam kariernya. Busana yang dibuat oleh Anne mendapatkan pengakuan dari masyarakat lokal, dan juga merambah pasar internasional. Bahkan, salah satu karyanya pernah dipakai oleh Miss Universe 2019.

    Selama berkarier di dunia mode, Anne Avantie sudah menciptakan 9 label busana berbeda, termasuk Anne Avantie Private, The Heritage by Anne Avantie, Batiken, dan Jaler Bajoe Laki.

    Tak cukup sampai disitu, Anne juga berhasil mendirikan tiga showroom di Indonesia yang berada di Jakarta Pusat, Bandung, dan Bali. Keberadaan showroom ini merupakan bentuk komitmen Anne dalam mendekatkan karyanya dengan para penggemar mode di seluruh dunia. Demikian informasi tentang pengusaha sukses wanita yang patut dijadikan inspirasi. Semoga bermanfaat!