Keseruan Festival dan Perlombaan di Lombok dan Sumbawa yang Tak Boleh Kalian Lewatkan

Lombok dan Sumbawa merupakan destinasi wisata Indonesia yang tak boleh dilewatkan. Pesona alam dan juga serunya acara festival sekaligus perlombaan yang diadakan hampir tiap bulannya membuat kunjungan ke daerah ini semakin meningkat.

Nah, demi mendapatkan 4 juta kunjungan dari para traveller, bakal ada sekitar 18 acara di Lombok dan Sumbawa tahun 2018. Acaranya bervariasi, dari mulai event sport-tourism, festival tradisi, religi, sampai diskon paket liburan besar-besaran. Apa aja dan kapan aja? Yuk, simak jadwal lengkapnya!

Event {permulaan} tahun

“Lombok Marathon” yang akan digelar pada tanggal 28 Januari menjadi pembuka rangkaian acara di Lombok dan Sumbawa tahun 2018. Akan ada lima perlombaan, yaitu full marathon, half marathon, ekiden marathon estafet empat orang, 10K, dan 5K.

Perlombaan lari ini memperebutkan hadiah sebesar 500 juta rupiah! Pesertanya juga nggak tanggung-tanggung. Lebih dari 10 negara yang berpartisipasi dalam Lombok Marathon ini, seperti Jepang, Jerman, Amerika, Kenya, Thailand, Malaysia, Portugal, Inggris, Singapura, Australia, Brazil, Filipina, dan masih banyak lagi.

Bulan Februari bakal ada dua acara di Lombok dan Sumbawa, yakni “Lombok Sumbawa Great Sale” dan “Festival Pesona Bau Nyale.” Lombok Sumbawa Great Sale akan digelar selama sebulan penuh. Dalam event ini, kaliam bakal menemukan diskon gede-gedean untuk tiket, paket tur, dan suvenir khas.

Festival Pesona Bau Nyale sudah diadakan tanggal 20 Februari 2018 lalu. Bau nyale merupakan festival yang terinspirasi dari kejadian alam dan diabadikan dalam legenda Putri Mandalika. Putri Mandalika ialah seorang wanita bijak idola para pria di zamannya. Rangkaian festival ini antara lain parade tradisi, budaya tangkap nyale (cacing laut), gelanggang Pemilihan Putri Mandalika, dan penampilan drama kolosal beserta tari-tarian sebagai acara pamungkas.

Lanjut, bulan Apri 2018 akan ada “Tour de Lombok.” Balap sepeda klasifikasi UCI 2.2 ini sudah berlangsung pada 5-9 April 2018. Tanggal 9-11 April 2018 lalu juga ada “Pesona Tambora” yang digelar khusus untuk memperingati letusan dahsyat Gunung Tambora tahun 1815. Di Pesona Tambora akan ada festival kopi, pacuan kuda, pawai tradisi, penampilan seni dan budaya Pulau Sumbawa, serta acara puncak yang digelar 11 April 2018 di Doro Ncanga, Kabupaten Dompu.

Event tengah tahun

Pada bulan Mei lalu ada tiga acara penting. Pertama, singgahnya 29 kapal Angkatan Laut dari 42 negara yang berkeinginan ikut ke “Komodo Exercise” di Lombok, pada 4-9 Mei 2018 lalu. Kedua, “Rinjani 100″ yang berupa perlombaan lari jarak jauh di areal Gunung Rinjani. Diadakan 4-6 Mei 2018, perlombaan lari ini diikuti oleh pelari dari 18 negara! Ketiga, pertengahan Mei masyarakat Lombok menyambut bulan Ramadan dengan menggelar “Pesona Khazanah Ramadhon.”

Rangkaian event masih terus lanjut. Bulan Juli bakal ada kejuaraan paralayang internasional, “Mantar Paragliding.” Perlombaan ini memang sudah berlangsung dari tanggal 15 sampai 18 Juli kemaren. Tahun 2017 kemarin, Mantar Paragliding diikuti hingga 40 penerbang paralayang dari 14 negara, termasuk Indonesia.

Mendekati akhir tahun

Tanggal 18 Agustus hingga 16 September 2018, Lombok akan kian meriah dengan “Bulan Pesona Lombok-Sumbawa.” Kemudian ada “Festival Pesona Moyo” selama sebulan (10 September sampai 8 Oktober 2018). Di bulan September akan ada “Sail Saleh-Moyo-Tambora” (12-20 September 2018) serta “Festival Pesona Senggigi” (16-20 September 3018).

Bulan November merupakan waktunya “Rinjani Golf Tournament,” “Pesona Desa Wisata,” dan “Festival Lawata.” Menutup rangkaian acara di Lombok dan Sumbawa tahun 2018, pada bulan Desember 2018 Lombok kembali menggelar Perang Topat, yaitu perayaan harmoni masyarakat Lombok, yang terdiri dari orang Islam dan Hindu, dengan kemeriahan Perang Ketupat.

Banyak banget ‘kan acara di Lombok dan Sumbawa tahun 2018? Jadi jangan ragu-ragu buat mengunjungi kedua pulau itu. Setiap bulan bakal ada festival yang dapat kalian lihat. Dijamin meriah dan tak akan kecewa pastinya!