Berkunjung ke Tanjung Benoa Bali Explore Wisata Budaya

Berkunjung ke Tanjung Benoa Bali tak lengkap jika hanya mengunjungi pantai. Padaahal banyak yang bisa di eksplore wisata Benoa yaitu Wisata Budaya.

Kuil Caow Eng Bio

Ketika Anda liburan di Bali, mungkin Anda akan melihat ada begitu banyak pura di sana. Namun ternyata di Bali juga ada kuil Buddha dan berlokasi di sekitar objek wisata Tanjung Benoa.

Kuil tersebut bernama Caow Eng Bio dan memiliki tampilan yang sangat indah. Klenteng atau vihara Caow Eng Bio merupakan salah satu klenteng tertua yang ada di Bali. Letaknya berada di ujung utara Tanjung Benoa dan masuk dalam wilayah Banjar Adat Darmayasa.

Klenteng ini didirikan sebagai dedikasi kepada Dewi Shui Wei dan 108 Bersaudara dari Hainan, pelindung masyarakat Hainan terutama pada zaman diaspora.

Ornamen dari kuil ini sangat unik dengan area yang cukup luas. Di seberang klenteng Caow Eng Bio terdapat bangunan teater yang di sebelahnya terdapat kuil kecil untuk perahu naga.

Prasasti yang ada di samping klenteng juga merupakan salah satu peninggalan zaman kuno yang penting di Indonesia. Lokasi klenteng Caow Eng Bio berada di sudut jalan raya, Anda tidak akan kesulitan untuk menuju ke tempat ini.

Pura Dalem Ning Lan Taman Beji

Seperti kita ketahui, Pulau Bali sangat terkenal dengan banyaknya bangunan pura Hindu. Keunikan arsitektur pura Hindu menjadi ciri khas tersendiri di Bali.

Ciri khas tersebut ditampilkan dengan bentuk gerbang masuk pura yang menjulang tinggi, dan ukiran pada tembok pura yang indah.

Di lokasi objek wisata Tanjung Benoa terdapat sebuah pura dengan keindahan arsitektur yang menawan, namanya Pura Dalem Ning Lan Taman Beji. Tempat ini juga termasuk spot wisata menarik yang ada di Tanjung Benoa.

Pura Dalem Ning Lan Taman Beji dibangun menggunakan material yang sebagian besar terbuat dari batu putih. Sedangkan pintu gerbang pura ini terbuat dari kayu yang dihiasi seni ukiran yang sangat indah.

Pura Dalem Ning Lan Taman Beji berlokasi tidak jauh dengan Kuil Caow Eng Bio. Jaraknya hanya sekitar beberapa meter saja dari kuil tersebut. Jadi, Anda dapat mengunjungi dua spot wisata menarik sekaligus yang jaraknya berdekatan di Tanjung Benoa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*