Zero Down Time: Kestabilan Pasokan Listrik dalam Formula E Jakarta 2023 Dijamin PLN

Komitmen PLN dalam menyukseskan gelaran Formula E 2023 membuktikan kapasitas perusahaan dalam menyuplai listrik untuk event bertaraf internasional. (Kompas.com)

PT PLN (Persero) turut mendukung ajang balap Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) dengan memasok listrik andal. Adapun standar yang diterapkan dalam event skala besar ini ialah zero down time atau tanpa kedip dengan pasokan berlapis.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memantau langsung pengamanan kelistrikan untuk event bertaraf internasional yang berlangsung pada 3-4 Juni 2023 tersebut. Darmawan mengungkapkan komitmen PLN dalam menyukseskan gelaran Formula E 2023 membuktikan kapasitas perusahaan dalam menyuplai listrik untuk event bertaraf internasional.

“PLN selalu siap mendukung gelaran event skala nasional maupun internasional dengan listrik yang cukup dan tanpa kedip. Dalam hal ini kami sudah sangat berpengalaman, seperti KTT G20 di Bali, KTT ASEAN di Labuan Bajo, MotoGP di Mandalika NTB,” ungkap Darmawan dalam keterangan tertulis, Minggu (4/6/2023).

Adapun total daya listrik yang dipasok PLN dalam gelaran ini mencapai 3.876 kilo Volt Ampere (kVA). Menurut Darmawan, pasokan selama acara berjalan stabil karena didukung oleh enam subsistem dengan total kapasitas sebesar 8.848 Megawatt (MW).

“Dengan kondisi ini, selain Formula E 2023, suplai listrik yang kami operasikan juga dapat memenuhi kebutuhan event-event besar di Jakarta. Selain itu, ditambahnya pasokan listrik berlapis membuat listrik semakin andal,” ujarnya.

Secara teknis, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan menjelaskan pihaknya mengoperasikan tiga buah Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile masing-masing 500 kiloVolt Ampere (kVA), tiga buah Unit Gardu Bergerak (UGB) masing-masing 1.000 kVA, dua buah UGB masing-masing 630 kVA, dan satu buah UGB 400 kVA.

PLN juga menerjunkan 52 personel khusus yang bersiaga mengamankan keandalan pasokan listrik selama event balapan berlangsung. “Untuk mempermudah mobilisasi, kami membekali mereka dengan tiga buah unit motor listrik,” kata Doddy.

Doddy pun berterima kasih kepada seluruh stakeholder terkait yang berkolaborasi dengan PLN. Khususnya terkait penyiapan dan pengamanan infrastruktur kelistrikan untuk ajang Formula E Jakarta 2023. “Kami berterima kasih kepada pihak yang sangat kooperatif membantu PLN dalam menyiapkan segala infrastruktur kelistrikan di ajang balap internasional Formula E 2023 ini. Termasuk dukungan masyarakat yang membuat event bergengsi ini bisa berjalan lancar dan meriah,” pungkas Doddy.