Liburan ke Wisata Danau Anti Mainstream: 4 Embung di Jogja Ini Punya Pemandangan Super Indah dan Memanjakan Mata

Wisata danau atau embung di Jogja dapat menjadi pilihan menarik untuk kamu pergi liburan bersama kawan dan pasangan. (Suarapena.com)

Wisata danau dapat menjadi pilihan yang menarik jika Anda bosan dengan pergi liburan ke pantai, gunung dan air terjun. Jogja tak hanya terkenal dengan pantai dan Malioboronya saja, tapi ada beberapa wisata alam yang terdapat danau dengan pemandangan indah serta menyejukkan mata.  Beberapa danau di Jogja merupakan danau buatan atau lebih dikenal dengan nama “Embung”.

Embung tersebut berada di ketinggian yang juga dipergunakan untuk mengairi sawah-sawah milik warga sekitar. Anda pasti sudah mendapatkan sedikit gambaran mengenai bagaimana keindahan wisata danau atau embung di Jogja bukan?

Daftar 4 Wisata Danau atau Embung di Jogja yang Dapat Anda Kunjungi untuk Liburan:

1. Waduk Sermo

Waduk Sermo memiliki manfaat yang banyak untuk penampungan air dan irigasi lahan. Namun karena pemandangannya yang sangat indah, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam. Luas Waduk Sermo sendiri sekitar 157 hektar dengan  dikelilingi perbukitan hijau. Pemandangan indah Waduk Sermo bisa dilihat dari Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Kamu bisa memandangi danau sekaligus pemandangan hijau di sekitarnya.

2. Embung Nglanggeran

Wisata Danau di Jogja lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Embung Nglanggeran yang memiliki pemandangan sangat cantik karena letaknya berada di atas bukit Nglanggeran. Embung Nglanggeran jadi tempat yang tepat untuk menikmati sunrise dan sunset di Jogja. Tempatnya yang berada di ketinggian dan tidak terhalang apapun, kamu bisa mendapatkan pemandangan cantik saat menikmati sore di pinggir danau dengan pemandangan yang indah.

3. Embung Batara Sriten

Sama dengan Embung Nglanggeran, Embung Batara Sriten merupakan danau buatan yang dimanfaatkan warga sekitar. Menariknya, Embung ini memiliki pemandangan yang menarik jika cuaca sedang cerah. Kawasan puncak embung ini terdapat jalur hijau dan tempat istirahat para wisatawan yang ingin menikmati suasana dan pemandangan hijau di sekitarnya.

4. Embung Tambakboyo

Terakhir, wisata danau di Jogja yang nggak kalah cantik adalah Embung Tambakboyo. Embung ini terletak di antara  tiga desa, yaitu Maguwo, Erdomartani, dan Condongcatur. Meski begitu pemandangan di sekitarnya nggak kalah menarik. Kamu bisa bersantai di teduhan pohon yang ada di sekitar danau serta melakukan banyak kegiatan bermanfaat seperti berolahraga, piknik atau bersepeda di sekitar embung.