Kaji Potensi Investasi Packaging Beras Adan di Kaltara

Rencana investasi packaging beras adan melibatkan investor dalam negeri, khususnya dari Jawa. (Lazada.com)

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) tengah mengkaji potensi investasi packaging (pengemasan) beras adan dari Krayan, Nunukan. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah produk lokal dan memperluas pasar ekspor.

Penatakelola Penanaman Modal Ahli Muda DPMPTSP Kaltara, Rahman menyebutkan bahwa rencana investasi packaging beras adan ini melibatkan investor dalam negeri, khususnya dari Jawa.

“Nilai investasi yang direncanakan sekitar Rp6 miliar. Jika dibandingkan dengan Jawa, yang berkisar antara Rp1,2 miliar hingga Rp1,5 miliar, investasi di Kaltara tergolong besar,” ujarnya kepada Radar Kaltara, Kamis (11/7).

Rahman menambahkan, meskipun investasi di Kaltara lebih besar, dampak yang diharapkan juga signifikan. “Pengemasan yang baik akan meningkatkan nilai produk, memungkinkan beras adan untuk merambah pasar ekspor yang lebih luas, tidak hanya ke Malaysia, Brunei, dan Filipina, tetapi juga ke Eropa dan Amerika,” jelasnya.

Pengemasan yang lebih baik tidak hanya meningkatkan harga jual, tetapi juga memperpanjang masa simpan produk. “Saat ini, banyak beras dikemas dalam karung dan plastik yang kurang menarik. Kami berencana untuk mengemas dalam bentuk kaleng dengan kapasitas 1 hingga 5 kilogram,” tutur Rahman.

Pengemasan dalam bentuk kaleng diharapkan dapat mempertahankan kualitas beras organik selama proses ekspor. Rahman menegaskan bahwa investasi packaging ini masih dalam tahap kajian.

“Ke depan, investor yang tertarik akan menjalani studi komersial untuk melihat potensi pasar ekspor dan strategi masuknya. Meskipun investor bertanggung jawab dalam pengemasan, pemasaran produk tetap akan menjadi tugas pemerintah daerah dengan melibatkan perangkat terkait seperti Disperindagkop dan UKM,” pungkasnya.

Dengan adanya investasi ini, diharapkan beras adan dari Kaltara dapat memiliki daya saing tinggi di pasar internasional, sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani lokal melalui produk berkualitas tinggi yang diminati pasar global.

Demikian informasi seputar investasi packaging beras di Kaltara. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Benoanews.Com.