Investasi dari Hongkong Dominasi Penanaman Modal di Kota Tangerang, Capai Rp2,41 T?

Hongkong, Inggris, Singapura, Jepang, dan Malaysia berinvestasi di Kota Tangerang. (Rumah123.com)

Kota Tangerang terus menunjukkan daya tariknya sebagai tujuan investasi utama, khususnya bagi investor asing. Pada triwulan ketiga tahun 2024, investasi dari Hongkong menduduki posisi teratas dalam hal penanaman modal asing (PMA) di kota ini, dengan nilai investasi mencapai Rp2,41 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang, Suggiharto Achmad Bagdja menyampaikan bahwa total investasi asing selama periode ini mencapai Rp5,4 triliun.

“Hongkong menjadi negara dengan investasi terbesar di triwulan ketiga 2024, yaitu Rp2,41 triliun, disusul oleh Inggris dengan Rp1,1 triliun,” ujar Suggiharto di Tangerang, Senin (21/10).

Selain investasi dari Hongkong. Inggris, Singapura, Jepang, dan Malaysia juga turut berinvestasi di Kota Tangerang dengan nilai masing-masing sebesar Rp80 miliar, Rp43 miliar, dan Rp33 miliar.

Geliat investasi yang terus meningkat ini menjadi bukti bahwa Kota Tangerang semakin diakui sebagai daerah tujuan investasi yang menjanjikan. Hal ini tak lepas dari faktor geografis yang strategis, terutama dengan keberadaan Bandara Internasional Soekarno Hatta, serta infrastruktur yang unggul dan kualitas sumber daya manusia yang memadai.

Penjabat Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin sebelumnya menyampaikan bahwa hingga triwulan ketiga 2024, total realisasi investasi di Kota Tangerang mencapai Rp11,18 triliun. Jumlah ini terdiri dari Rp5,4 triliun untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Rp5,78 triliun untuk Penanaman Modal Asing (PMA).

Pemkot Tangerang berkomitmen untuk terus melakukan inovasi demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan investor. Saat ini, pihak pemerintah tengah mengoptimalkan sistem perizinan online versi kedua yang bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah proses perizinan investasi dari Hongkong.

“Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para investor, terutama dalam memfasilitasi perizinan dan memastikan prosesnya berjalan dengan cepat dan transparan,” tambah Nurdin.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Kota Tangerang diharapkan akan semakin menarik minat para investor, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk menanamkan modalnya di kota ini.

Demikian informasi seputar investasi dari Hongkong. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Benoanews.Com.