Dunia Digital Jadi Trend Up Pariwisata Indonesia

Pariwisata Indonesia semakin berkembang. Setelah sukses menggelar Asian Games 2018 di Jakarta dan Pelembang mendatangkan awisatawan asing, kali ini Indonesia kembali mendapatkan kesuksesan untuk kunjungan pariwisata dengan memanfaatkan teknologi digital promosi.

Kunjungan wisatawan asing ke Indonesia  naik dengan memanfaatkan promosi digital melalui sosial media. Banyak wisatawan yang sudah berkunjung ke Indonesia kemudian membagikan liburannya dengan akun sosial media mereka, kemudian dari situlah promosi digital itu terjadi dan semakin wisatawan yang berkunjung ke Indonesia karena unggahan tersebut.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, revolusi teknologi informasi digital pada bidang pariwisata yang dikenal dengan Pariwisata 4.0 telah dan akan terus membawa perubahan yang signifikan dalam penyelenggaraan kepariwisataan. Pemerintah akan meningkatkan kualitas dari fasilitas pendukung sektor pariwisata Indonesia.

”Perubahan ini tidak hanya menciptakan berbagai peluang, namun juga berbagai tantangan bagi pariwisata pada setiap pilar kepariwisataan Indonesia dalam mencapai tujuan yakni mensejahterakan masyarakat Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya saat diwawancarai di Gedung Sapta Peson, pada Senin (18/9/2018).

Namun hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu pastinya kuncinya adalah sumber daya manusia (SDM). Penerapan teknologi sesungguhnya tergantung kepada bagaimana manusia yang memanfaatkannya.

Selain mempersiapkan sumber daya manusia, tak kalah penting adalah mempersiapkan bagaimana destinasi wisata itu memang bisa menjadi fokus untuk diupload di sosial media. Caranya dengan membuat destinasi tersebut benar-benar social media support. Contohnya untuk posting di instragam, makan destinasi tersebut setidaknya memiliki tempat spot menarik untuk bisa diambil foto atau video kemudian di upload di sosial media.

Banyak hal sebenarnya yang mendukung bagaiman poin Pariwisata 4.0 bisa berjalan baik, haruslah semua elemen bisa saling terintegrasi untuk membuat potensi wisata digital benarp tepat sasaran dan mampu terangkayt sesuai dengan apa yang diharapkan.