Bali Diakui Dunia, 3 Penghargaan Diperoleh

Bali menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia yang sudah dikenal wisatawan dunia. Beberapa waktu lalu Bali kembali mendapatkan pengakuan melalui 3 penghargaan Global Desitination Marketing Summit and World Culture and Tourism Forum. Even tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Tiongkok dan C-Trip di Xanxi Convention Center, Xian pada April 2018.

Menurut menteri Pariwisata Arief Yahya, penghargaan tersebut menunjukkan jika Indonesia mampu bersaing di kancah Internasional. Penghargaan tersebut juga semakin menunjukkan Bali sebagai rekomendasi wisata unggulan dunia karena pada tahun 2017 Bali juga mendapatkan penghargaan the best destination 2017 versi TripAdvisor.

Menteri Arief menambahkan jika penghargaan tersebut sangat penting karena akan mempengaruhi kunjungan wisatawan untuk kedepannya. Penghargaan tersebut menandakan Bali sangat baik sebagai tempat liburan.

Tiga penghargaan yang diraih Bali adalah Top 10 Overseas Destinnastion, Top 10 Luxury Travel Destinastion, dan Top 10 Honeymoon Destination for Chinnese Tourists selama 2017.

Untuk penghargaan Top 10 Honeymoon Destination, Bali berada di peringkat pertama mengalahkan destinasi kelas dunia lainnya seperti Paris, Hawai, New York, Dubai, Sanya, Madrid, Guam, Sydney, dan Valietta. Sedangkan dua penghargaan lainnya, Bali berada di peringkat ke empat.

Penghargaan tersebut mempengaruhi kunjungan wisatawan semakin yakin untuk berlibur di Bali. Menurut data penerbangan Bandara Ngurah Rai, terjadi lonjakan penumpang hingga tujuh persen pada triwulan pertama. Pertumbuhan penumpang rata-rata 18,5 persen perbulan.

Kunjungan wisatawan mancanegara pada Januari tercatat 352.000 orang, Februari 437.323 orang, dan Maret 493.121 orang. Wisatawan mancanegara masih di dominasi dari Tiongkok diangka 23,5 persen, kemudian disusul wisatawan asal Australia diangka 19,28 persen dan yang terakhir adalah wisatawan dari India mencapai 6,5 persen.

Kementerian Pariwisata juga berencana untuk terus mempromosikan pariwisata Indonesia ke dunia internasional, khusunya ketiga negara di atas. Bahkan Kementerian Pariwisata sedang merancang strategi untuk menarik wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah dengan menyediakan paket tour khusus untuk wisatawan mancanegara.

Pemerintah pusat memang sedang fokus pada pariwisata, yakni dengan melakukan pembangungan infrastruktur penunjang. Untuk wilayah Bali nantinya akan dibangun Bandara Bali Utara, Dermaga Pelabuhan Celukan Bawang untuk bersandar kapal pesiar, serta mengembangkan Pelabuhan Benoa.