Umat Budha Bali Lakukan Ritual Ribuan Ekor Ikan Di Benoa

Umat Buddha dan ratusan masyarakat Bali melakukan upacara ritual pelepasan ikan. Ritual pelepasan ikan dipimpin oleh YM Passang Rinpoche di Pelabuhan Benoa, Kota Denpasar, Minggu.

Sebelum acara pelepasan ribuan ekor ikan, guru besar Umat Buddha Passang Rinpoche melakukan puja mantra bersama peserta kegiatan. Upacara tersebut sebagai wujud persembahan kepada Tuhan untuk mengantarkan satwa hidup yang akan dilepas kembali ke habitatnya.

Sofyan, seorang panitia dan sekaligus sukarelawan dalam acara tersebut mengatakan acara ritual pelepasan makhluk hidup, salah satunya ikan ke habitatnya bermakna untuk melepaskan keterikanan yang selama ini oleh penghuni alam ini, yakni manusia itu sendiri.

“Makna dari pelepasan satwa hidup, yakni ikan untuk bisa hidup di alamnya. Sebagai manusia harus memberikan kebebasan, tak terbelenggu untuk memenuhi keinginan dari manusia tersebut. Biarkan mereka hidup, karena apa yang ada di dunia adalah ciptaan Tuhan,” ujarnya.

Ia mengatakan menjalankan kebajikan dan cinta kasih tersebut adalah dengan cara membebaskan seluruh satwa yang ada di alam ini. Kali ini adalah serangkaian kegiatan puncak acara dari kegiatan ritual “Chau Tu dan Yen Kung” yang diselenggarakan Vihara Satya Dharma Denpasar pada Sabtu (10/11) malam.

Sementara itu, guru besar Umat Buddha Passang Rinpoche berpesan kepada umat untuk selalu menanamkan cinta kasih dan dharma kepada sesama dan lingkungan sekitarnya.

“Dengan jalan tersebut maka kebahagiaan akan tercapai. Sebab membebaskan makhluk hidup dari belenggu penderitaan adalah jalan cinta kasih dan dharma,” ujarnya.

Passang Rinpoche bertutur, sejak kecil telah menekuni ajaran Buddha, dan pola hidupnya adalah vegetarian (tidak makan daging), tapi tetap bisa sehat dan bahagia. Karena untuk menjaga stamina kesehatan tidak mesti bergantung terhadap daging.

“Masih banyak makanan pengganti protein yang terbuat dari hewan (daging). Pola makan vegetarian adalah bagian kehidupan untuk menaburkan cinta kasih kepada satwa. Sebab kita tidak akan melakukan pemotongan terhadap satwa tersebut. Oleh karena itu saya mengajak semua umat manusia menjalankan kehidupan seperti itu. Saling memberi kasih sayang dan dharma untuk kesempurnaan dan kedamaian,” ujarnya.