Museum Pustaka Lontar Desa Wisata Dukuh Penaban Makin Diminati Wisatawan Asing

Terletak di Desa Adat Dukuh Penaban, Karangasem, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Museum Pustaka Lontar mulai dikunjungi dan menjadi salah satu destinasi wisatawan asing saat berkunjung di Karangasem.

Museum dengan tema yang unik dan berbeda dari lainnya membuat banyak wisatawan asing yang sengaja berkunjung di Meseum Pustaka Lontar Karangasem. Berbeda dengan pada umumnya museum, ketika pengunjung datang hanya akan melihat benda museum namun tidak di Museum Lontar Karangasem ini.

Pengunjung bisa ikut menikmati berbagai kegiatan yang memang sudah dirancang oleh pengelola untuk memperkenalkan berbagai kearifan lokal dan adat istiadat yang ada di Karangasem dan Bali.

Di Museum Pustaka Lontar Karangasem para pengunjung bisa menyaksikan langsung tata cara menulis di daun lontar, dan aktivitas lainnya. Bukan itu saja. Museum Pustaka Lontar juga didukung paket wisata trekking berkeliling Desa Pakraman Dukuh Penaban hingga di puncak bukit menikmti panorama alam sawah, lembah, dan terlihat Kota Amlapura.

Sepanjang jalur trekking juga bisa menikmati sejuknya Mata Air Sad Ripu, yang diyakini mampu menyembuhkan penyakit, paling tidak musuh-musuh dalam diri bisa reda, yang merupakan khasiat air tersebut. Sebab, sad ripu itu, merupakan enam musuh dalam diri, yang selalu menggoda dan mempengaruhi pikiran. Paling tidak setelah menikmati air sad ripu, maka enam musuh dalam diri, maka gejolak bathin dalam diri sendiriĀ  bisa dinetralisir, yakni: kama (nafsu), lobha ( tamak), krodha (kemarahan), moha (kebingungan), mada (mabuk), dan matsarya (dengki).

Selain agenda harian yang memang sudah biasa dilakukan ketika pengunjung datang selain itu Museum Pustaka Lontar, setiap Purnama Kapitu ada pementasan tari sakral Kupu-Kupu Kuning yang mengisahkan Kerajaan Karangasem berperang di Lombok, serta tarian Canglongleng, mengisahkan wabah yang pernah terjadi di Desa Pakraman Dukuh Penaban.

Berbagai kegiatan menarik yang memang disajikan untuk menarik wisatawan berkunjung di Museum Pustaka Lontar memang terbukti berhasil. Di Tahun 2018 ini wisatawan asing maupun domestik sudah ramai berkunjung ke Museum Pustaka Lontar.

Keberhasilan pengelolaan dan konsep menarik yang dicoba disajikan kepada wisatawan di Museum lontar Karangasem memang perlu diacungi jempol. Gaya baru ketika berkunjung ke Museum dan tidak membuat pengunjung bosan saat berkunjung ke Museum.