GWK Kini, Setelah Penantian Selama 28 Tahun

Pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di kawasan GWK Culture Park, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Bali sudah berlangsung sejak 28 tahun yang lalu. Pembangunan ini ditargetkan akan selesai pada Agustus 2018 dan akan menjadi hadiah bagi perayaan HUT ke-73 Republik Indonesia.

Garuda Wisnu Kencana digagas oleh seniman Nyoman Nuarta sejak 28 silam saat dirinya masih muda, yakni pada 1989 pada jarak 60 kilometer. Awalnya Nyoman Nuarta menggunakan dana pribadi. Dalam kurun waktu yang lama tersebut banyak kendala yang dihadapi. Di awal pembangunan, hampir setiap hari terjadi protes dari berbagai pihak.

Bagi Nyoman, patung GWK yang dibangun tersebut merupakan hadiah yang begitu besar untuk bangsa Indonesia. Selain pembangunan patung, GWK juga dibuat untuk pariwisata di Bali. Bahkan GWK akan menjadi ikon pariwisata di Indonesia.

Keberhasilan pembangunan patung GWK adalah buah kesabaran serta semangat untuk bangsa Indonesia. Patung GWK akan menjulang tinggi sehingga dapat terlihat dari kejauhan. GWK dapat terlihat dari Bandara Ngurah Rai bahkan dari jarak 60 kilometer. Meski terlihat tinggi, Nyoman menyebutkan jika hal itu bukan tanpa sebab. Ukuran patung GWK mengandung arti dan manfaat yang dimaksudkan.

Saat ini pembangunan patung sudah pada tahap pemasangan kepala patung Wisnu. Pada akhir Mei direncanakan akan dipasang patung mahkota Wisnu. Jika kembali mengingat konsep pertama pembuatan GWK adalah untuk membuat landmark pariwisata Bali. Satu tahun kemudian tepatnya pada 1990 konsep tersebut terus dikembangkan.

Lokasi yang dipilih adalah berada di perbukitan kaput Ungasan, dan ini merupakan lahan bekas penambangan kapur liat yang sudah ditinggalkan. Pada tahun 1993 Presiden Soeharto merestui pengembangan kawasan GWK dan gagasan tersebut disosialisasi ke DPRD Bali dan tokoh-tokoh masyarakat Bali.

Orang-orang yang ikut dalam pengembangan konsep adalah Menteri Pariwisata yang dijabat saat itu ialah Joop Ace (Alm), Ida Bagus Oka (alm), Ida Bagus Sudjana (alm), dan seniman Nyoman Nuarta. Jika pembangunan telah selesai maka patung GWK akan memiliki tinggi sekitar 121 dan mengalahkan Patung Liberty di New York.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*