Alasan Indonesia Terpilih Menjadi Tuan Rumah IMF-World Bank 2018

Indonesia terpilih menjadi tuang rumah IMF-World Bank 2018 bukanlah tanpa perjuangan dan tiba-tiba begitu saja. Indonesia harus bersaing dengan beberapa Negara yang sama-sama didaulat menjadi salah satu kandidat tuan rumah IMF-World Bank 2018, melalui seleksi yang ketat dari IMF akhirnya dipilihlah Indonesia sebagai tuan Rumah IMF-World Bank 2018 dan berlokasi di Pulau Bali.

Menurut petinggi IMF Managing Director Christine Lagarde menyebut baha Indonesia memang sebelumnya sudah mengajukan sebagai salah satu kandidat tuan rumah IMF-World Bank sejak 4 tahun yang lalu.

Proses seleksi yang dilakukan oleh IMF memang terbilang sangat ketat dan prosesnya pun transparan melalui penjurian dari pihak IMF sendiri.

“Para juri dari anggota IMF dan World Bank memperhitungkan banyak indikator seperti akomodasi, transportasi, akses yang mudah, wi-fi, aspek keamanan sampai hal teknis lainnya,” kata Christine Lagarde dia saat ditemui di Hotel Bali Nusa Dua,Jumat (2/3/2018) dilansir dari cnbcindonesia.com.

Saat itu untuk menjadi tuan rumah IMF-World Bank 2018 ada 8 negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah dan salah satunya Indonesia. Setelah melakukan beberapa penilaian dan seleksi kemudian dipilihlah 3 negara terpilih sebagai kandidat terkuat.

Masuk tahap seleksi lebih ketat, pihak dari IMF kemudian mengunjungi ketiga negara tersebut dan meninjau langsung. Hal ini menjadi penting karena IMF akan mendatangkan para menteri keuangan dan gubernur sentral semua negara anggota.

Darisinilah Indonesia dipilih sebagai tuan rumah IMF-World Bank 2018 dan kemudian dipilihlah Bali sebagai penyeleggara. Dipilih Bali pun bukan tanpa alasan, Bali yang memang sudah tersohor dikalangan petinggi IMF dan World Bank menjadi salah satu keuntungan kenapa Bali dipilih sebagai tempat penyeleggara IMF-World Bank Bali 2018.

Setelah resmi menjadi tuan rumah barulah Indonesia mempersiapkan segala hal yang memang berkenaan dengan pertemuan internasional IMF-World Bank Bali 2018 yang hari ini sudah masuk hari ketiga penyeleggaraan dan direncakana akan digelar mulai dari tanggal 8 – 14 Oktober 2018.