Alasan Indonesia Layak Dijadikan Pilihan Lokasi Investasi Asing

Indonesia menjadi salah satu Negara di Asia yang masuk dalam kategori Negara layak investasi. Beberapa waktu lalu berdasarkan survey dari US News Indonesia peringkat ke 2 negara terbaik investasi di dunia dengan tema US News 2018 Best Countries.

Menyandang predikat tersebut memang menjadi kebanggan bagi Indonesia. Namun pada kenyataanya saat ini pembangunan Indonesia di kuartal – II 2018 mengalami perlambatan. Investasi yang masuk ke Indonesia di beberapa sektor strategis mengalami penurunan karena beberapa faktor dari dalam negeri maupun kondisi investasi dan ekonomi global.

Investasi di Indonesia memang sebagian besar di dominasi oleh investasi asing. Jika mengandalkan pembangunan menggunakan investasi lokal maka bisa dipastikan laju pembangunan akan sangat lambat. Dorongan inilah yang menyebabkan pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan memeprmudah investasi asing di Indonesia.

Indonesia membutuhkan penanaman modal asing untuk semakin mendorong pembangunan dan kemajuan pembangunan di beberapa sektor strategis investasi di Indonesia.

Indonesia memang menarik di mata investor asing, ada beberapa hal yang menyebabkan dan alasan ndonesia cocok dijadikan lahan investasi oleh perusahaan asing:

– Sumber Daya Alam

Kekayaan sumber daya alam yang lengkap menjadi salah satu alasan utama Indonesia menarik bagi investor asing. Di sektor pariwisata, Indonesia memiliki alam yang indah dan bahkan belum terjamah oleh tangan manusia. Di pertambangan, Indonesia menyimpan harta karun berupa mineral, batu bara, dan minyak bumi.

– Stabilitas Politik yang Baik

Sejak reformasi politik di tahun 1998 silam, Indonesia terus bangkit menuju kestabilan negara. Selama itu pula, Indonesia terus membenahi sistem demokrasi menuju pemerintahan yang sehat dan kondusif.

– Bonus Demografi

Secara demografi kependudukan, Indonesia sedang mengalami pergeseran struktur yang menyebabkan lonjakan jumlah penduduk usia produktif. Di tahun 2025, jumlah penduduk Indonesia akan didominasi oleh tenaga kerja yang produktif, terampil, serta siap untuk bekerja.

– Iklim Perekonomian dan Investasi yang Sehat

Setelah bertahan dari krisis ekonomi global, Indonesia terus berupaya untuk menciptakan iklim ekonomi dan investasi yang aman dan sehat. Bahkan, saat ini Indonesia dianggap sebagai salah satu penggerak perekonomian di Asia.

– Peran Global Indonesia

Indonesia aktif membangun hubungan internasional dan bilateral antar negara. Lebih jauh lagi, Indonesia adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang aktif di perkumpulan negara-negara G-20. Oleh karena itu, Indonesia selalu berusaha untuk berperan dalam menyampaikan kepentingan negara-negara berkembang di mata dunia.

Anggapan investasi asing sama dengan menjual Negara Indonesia kepada asing itu merupakan anggapan yang salah. Pemerintah sudah menghitung dengan seksama agar setiap bentuk kerjasama investasi asing sepenuhnya hanya kegiatan bisnis dan tidak menyangkut kepentingan krusial bangsa lainnya. Semua untuk kepentingan masyarakat Indonesia.