5 Kesalahan Pemodal Awal Yang Masih Sering Terjadi

Umur 20-an tuh masih cukup rentan untuk mengerjakan kekeliruan dalam investasi. Sehingga, telah sewajarnya kalian mesti lebih waspada untuk menghindari beragam kekeliruan dalam investasi yang umum dikerjakan pemodal muda.

Inilah 5 kekeliruan investasi yang patut kalian hindari:

  1. Jarang bertanya terhadap yang berpengalaman

Tentu kalian telah khatam dengan istilah malu bertanya sesat di jalan, bukan? Pepatah ini juga berlaku untuk dunia investasi. Walaupun Nampak simpel, rupanya ada benarnya juga lho. Tumbuhkan inisiatif untuk bertanya dan menimba ilmu pada pemodal senior, membaca buku, mencari di dunia maya atau minta rekomendasi dari orang tua. Selama mereka kompeten seputar investasi, why not?

  1. Terlalu tinggi angan-angan

Kalian boleh saja mempunyai angan-angan yang tinggi, namun mesti konsisten dan rasional. Apabila kalian punya angan-angan yang ketinggian tentu susah untuk ditempuh. Ingat, kalian masih muda sehingga masih punya banyak waktu untuk berkembang.

Pakai waktu sebaik-baiknya untuk belajar investasi dan mulailah dari yang gampang  dulu. Kadang memang berharap sekali menerima untung banyak dalam waktu yang singkat. Tetapi, kembali lagi pada kapasitas dan kompetensi masing-masing orang ya. Jangan berharap menerima banyak untung namun tertipu investasi bodong.

  1. Kurang sadar akan risiko

Satu hal penting dalam berinvestasi adalah relasi antara dana yang kalian simpan dan besarnya bunga. Dan tentunya, besarnya risiko dari profil dan preferensi investasi yang kalian pilih.Salah satu nya ialah investasi saham yang bersifat high risk high return.

Kalau kalian memilihnya,  seharusnya kalian bersabar selama 3 sampai 5 tahun ke atas untuk mendapatkan untung. Karena kalian dituntut untuk mengerti risiko dan terus belajar dan bersabar untuk menunggu hasil.

  1. Terlampau kerap menarik dana

Ada satu perbedaan mencolok antara investasi dan tabungan di bank. Kalau kalian dapat mengambil uang tabungan dengan gampang, sebaliknya jangan terlalu kerap mengambil uang dari dana untuk investasi. Apabila poin investasimu kecil, bias saja akan habis juga bila terlalu kerap diambil.

Meskipun banyak dana investasi, untung dapat makin besar. Jangan terlalu kerap menarik dana investasi, dapat menurunkan poin timbal balik. kalian masih gampang kok, tabah saja ya sampai uang investasimu jumlahnya berlipat-lipat. Nanti seandainya telah banyak, dapat kalian ambil deh untuk merasakan hidup.

  1. Bingung ketika mendapatkan profit

Saat telah menerima keuntungan, uangnya akan kalian pakai untuk apa nih? Kadang, banyak pemodal pemula yang bingung dalam memakai keuntungannya. Solusinya ialah dengan konsultasi pada orang yang mengerti betul akan investasi. Nantinya, kalian dapat saja direkomendasikan untuk mengaplikasikan profit yang ada untuk mengawali investasi tipe lain. Tentunya dengan profit atau prospek yang lebih besar.